Jumat, 24 Juli 2015

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA OLAHRAGA



PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA OLAHRAGA

            Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Hal yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.

Olahraga adalah bidang yang tidak luput dari pemanfaatan ilmu komputer. Peralatan olahraga, pengobatan, biomechanic, dan simulasi olahraga adalah salah satu contoh diantaranya. Bahkan perlu diketahui bahwa hubungan antara ilmu komputer dan olahraga ini sudah ada sejak tahun 1960.

Perkembangan media internet saat ini juga telah menjadi bagian dari pemanfaatan komputer di bidang olahraga terutama dalam hal penyebaran informasi. Derasnya informasi yang dapat diperoleh dengan mudah dari media internet, membuat teknologi informasi yang satu ini sangat digemari oleh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, maupun praktisi. Semua informasi dunia luar maupun dalam negeri khususnya informasi olahraga dapat kita saksikan melalui layar monitor hanya pada tempat dimana kita tinggal.

Komputer dalam olahraga digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1960, dimana  ketika itu hanya bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang olahraga. Database kemudian diciptakan dan diperluas dalam rangka untuk memulai penyebaran dokumentasi dan publikasi seperti artikel atau buku yang berisi mengenai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan olahraga. Lalu hingga pertengahan 1970-an organisasi pertama di bidang ini disebut IASI (Asosiasi Internasional untuk Informasi Olahraga) resmi didirikan.Kemudian pada tahun 1997 pertemuan internasional pertama antara ilmu komputer dalam olahraga diadakan di Cologne. Tujuan utama adalah untuk menyebarkan aplikasi, ide, dan konsep penggunaan komputer dalam olahraga.  

Pemanfaatan Komputer di Bidang Olahraga 

Komputer sampai saat ini telah berperan besar dalam perkembangan di bidang olahraga. Pemanfaatan komputer di bidang olahraga diantaranya adalah :

Ø  Pelatihan dan pembinaan
Ø  Biomekanik
Ø  Peralatan olahraga dan teknologi
Ø  Computer-aided aplikasi (software, hardware) dalam olahraga
Ø  Ubiquitous komputasi dalam olahraga
Ø  Multimedia dan Internet
Ø  Dokumentasi
Ø  Pendidikan 

Pemanfaatan Internet di Bidang Olahraga 

Pada zaman dimana informasi sudah menjadi unsur dominan dalam kehidupan saat ini, media massa memegang peranan penting dalam menyebarkan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, informasi yang disampaikan kepada masyarakat dikemas melalui berita. Setiap hari masyarakat disuguhkan dengan berbagai macam berita seperti berita olahraga , baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri. 

Media Internet merupakan media audio visual, artinya media menampilkan gambar hidup dan mempunyai suara sehingga menarik minat masyarakat. Tetapi berbagai media internet lebih ke media visual nya saja. Berbeda dengan media elektronik, media cetak hanya berupa tulisan dan gambar yang dicetak pada kertas tertentu.

            Kabar di dunia olahraga sangatlah beragam, khususnya pada bidang Sepak bola yang saat ini sedang mendunia. Kabar tersebut sangatlah dibutuhkan oleh para pecinta bola, siapapun para pecinta bola pasti ingin mendapatkan kabar informasi tentang tim atau kabar lainnya yang disukai. Tentunya media internet ini menjadi jembatan dimana pecinta bola ingin mendapatkan informasi sepak bola, kali ini di dalam artikel akan dijelaskan dimana pemanfaatan komputer di bidang olahraga, yang di bantu oleh media internet sebagai penerimaan informasi olah raga.

            Goal.com adalah salah satu media informasi olahraga yang saat ini digunakan para usia dini sampai usia tua untuk mendapatkan kabar terbaru dari bidang olahraga khusunya sepak bola luar negeri maupun dalam negeri. Dalam pemanfaatan komputerisasi ini para pencinta sepakbola di manjakan oleh kabar-kabar terbaru, dimulai dari pemain-pemain baru sampai ke hasil pertandingan sepak bola. 

            Dari tampilan GUI Goal.com diatas dapat dilihat bahwa fitur-fitur yang didalamnya sangat membantu para pecinta sepakbola untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Dengan demikian pemanfaatan komputer di bidang olahraga menjadi popular pada saat ini, dikarenakan banyak sekali kelebihan untuk mengakses informasi olah raga. Berikut perbandingan antara penerimaan informasi dengan pemanfaatan komputer dan media cetak :

Pembanding
Media Internet
Media Cetak
Akses
Mudah
Lebih Mudah
Referensi
Banyak
Terbatas
Efesien
Efesien
Kurang efesien
Efektif
Efektif
Kurang efektif
Fleksibel
Sangat Fleksibel
Terbatas

Diasumsikan bahwa populasi presentase pengguna internet di Indonseia adalah sebagian besar memanfaatkan komputer di bidang olahraga dengan cara mencari informasi olahraga di media internet. Sebagaimana dilansir oleh ANTARA News, bahwa Internet menjadi platform berita paling populer ketiga di Amerika Serikat, di bawah siaran televisi daerah dan nasional di negara itu, demikian survei Internet & American Life Project dan Project for Excellence in Journalism, Pew Research Center, Senin.enurut survei itu, 78 persen dari 2.259 orang dewasa AS yang dijaring oleh jajak pendapat itu, mengatakan bahwa pada hari biasa mereka mendapatkan berita dari stasiun TV daerah.Lalu, 73 persen mengaku mendapatkan berita dari jaringan televisi nasional seperti CBS atau stasiun tv kabel semisal CNN atau Fox. 61 persen mengaku, di hari biasa, mereka mendapatkan berita dari laman berita Internet.

 PEMANFAATAN INTERNET DALAM BIDANG OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Kalau selama ini antara satu dengan lain orang yang tempatnya berjauhan dapat saling berbicara melalui pesawat telpon, kini dengan bantuan komputer yang dilengkapi modem dan dihubungkan dengan saluran telepon, mereka bukan saja hanya dapat berbicara, tetapi juga saling bertukar informasi dalam bentuk tulisan, gambar/grafik (image), bahakan video. Hubungan sedemikian ini yang akhirnya membentuk suatu jaringan dan dapat mencakup seluruh tempat di muka bumi, dikenal sebagai Internet. Dengan demikian, internet pada kenyataanya bukanlah suatu hal yang konkret dan nyata sebagai suatu superkomputer yang fungsinya menghubungkan satu komputer dengan lainnya; tetapi lebih merupakan jaringan komputer lokal yang karena satu dengan lainya saling berhubungan melalui saluran telpon, maka terbentuklah suatu jaringan raksasa. Melalui jaringan ini tanpa dikomando telah tercipta secara alamiah suatu konsensus untuk saling bertukar informasi, dan yang paling mentakjubkan adalah kontribusi masing-masing individu dari sekian juta pemakai untuk saling memberikan informasi secara sukarela.
           Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Hal yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
          Berkat adanya perkembangan komputer dan telekomunikasi yang pesat, konsep sistem komunikasi dewasa ini telah mengalami perubahan secara radikal. Kalau sebelum ini pertukaran informasi hanya terbatas pada suara, teks dan gambar mati; kini dalam era Komunikasi Elektronik berbagai kegiatan yang lebih kompleks telah dapat dilakukan dari jarak jauh. Dalam bidang kedokteran, sudah bukan merupakan khayalan lagi untuk dapat melakukan konsultasi medis jarak jauh, video konferens, ataupun simulasi operasi.
Bahkan tidak mustahil dengan adanya percepatan tumbuh yang luar biasa dalam dunia elektronika, tindakan operasipun dapat dilakukan dari jarak jauh. Hanya saja, semua kemudahan yang ditawarkan oleh Teknologi Informasi Terkini perlu ditunjang oleh berbagai sarana keras komunikasi dengan konfigurasi yang tergantung pada kompleksitas informasi/kegiatan yang akan ditansmisikan.

          Olahraga dan kesehatan adalah bidang yang tidak luput dari pemanfaatan ilmu komputer. Peralatan olahraga,peralatan medis, pengobatan, biomechanic, dan simulasi olahraga dan kesehatan adalah salah satu contoh diantaranya. Bahkan perlu diketahui bahwa hubungan antara ilmu komputer dengan olahraga dan kesehatan ini sudah ada sejak lama sekali. Bahkan pemanfaatan komputer di bidang ini sangat membantu proses pekerjaan yang efektif dan efisien. Kita juga mengenal internet dalam bidang olahraga dan kesehatan, internet sangat bermanfaat untuk mencari informasi dalam bidang apapun termasuk dalam bidang olahraga dan kesehatan tersebut. Pemanfaatan internet telah berkembang luas hingga kepenjuru dunia sekalipun.
Contohnya di bidang Olahraga, diketahui bahwa hubungan antara ilmu komputer dan olahraga ini sudah ada sejak tahun 1960.
Perkembangan media internet saat ini juga telah menjadi bagian dari pemanfaatan komputer di bidang olahraga terutama dalam hal penyebaran informasi. Derasnya informasi yang dapat diperoleh dengan mudah dari media internet, membuat teknologi informasi yang satu ini sangat digemari oleh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, maupun praktisi. Semua informasi dunia luar maupun dalam negeri khususnya informasi olahraga dapat kita saksikan melalui layar monitor hanya pada tempat dimana kita tinggal.

KESIMPULAN YANG DAPAT DIAMBIL

       Penggunaan komputer untuk mencari informasi di bidang olahraga sering dimanfaatkan oleh para pecinta bola di tanah air. Sehingga tidak heran apabila para masyarakat luas sangat antusias di bidang olahraga, seperti contoh para pendukung timnas sepakbola. Ketika kabar persepakbolaan di tanah air sedang memanas, banyak masyarakat luas mengikuti perkembangannya. Sehinnga dapat disimpulkan bahwa peranan komputer sangat penting di bidang informasi olahraga.
        Selain itu teknologi informasi dan komunikasi juga dimanfaatkan dalam hal-hal berikut :

1.      Pelatihan dan pembinaan
2.      Biomekanik
3.      Peralatan olahraga dan teknologi
4.      Computer-aided aplikasi (software, hardware) dalam olahraga
5.      Ubiquitous komputasi dalam olahraga
6.      Multimedia dan Internet
7.      Dokumentasi
8.      Pendidikan 

     Dengan demikian teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan dalam berbagai hal contohnya dalam bidang olahraga maupun kesehatan. Untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan olahraga yang sedang berlangsung, untuk keperluan pemasaran dan komunikasi dibidang olahraga.

DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar