PERANAN
KOMPUTER
DALAM BIDANG
OLAHRAGA
SEKOLAH TINGGI ILMU
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP
GARUT
PROGRAM PASCASARJANA
Alamat Blog :solehpenjas.blogspot.com
A.
Pendahuluan
Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di
masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang
berkembang. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk teknologi lainnya
seperti kereta api, pesawat terbang, mobil, televisi dan lain sebagainya. Hal
yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat
diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan
ketelitian yang tinggi.
Olahraga adalah bidang yang tidak luput dari
pemanfaatan ilmu komputer. Peralatan olahraga, pengobatan, biomechanic, dan
simulasi olahraga adalah salah satu contoh diantaranya. Bahkan perlu diketahui
bahwa hubungan antara ilmu komputer dan olahraga ini sudah ada sejak tahun
1960.
Perkembangan
media internet saat ini juga telah menjadi bagian dari pemanfaatan komputer di
bidang olahraga terutama dalam hal penyebaran informasi. Derasnya informasi
yang dapat diperoleh dengan mudah dari media internet, membuat teknologi
informasi yang satu ini sangat digemari oleh lapisan masyarakat, baik
masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, maupun praktisi. Semua informasi dunia
luar maupun dalam negeri khususnya informasi olahraga dapat kita saksikan
melalui layar monitor hanya pada tempat dimana kita tinggal.
B. Sejarah
Komputerd
Komputer dalam olahraga digunakan untuk pertama
kalinya pada tahun 1960, dimana ketika itu hanya bertujuan untuk mengumpulkan
informasi tentang olahraga. Database kemudian diciptakan dan diperluas dalam
rangka untuk memulai penyebaran dokumentasi dan publikasi seperti artikel atau
buku yang berisi mengenai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan olahraga.
Lalu hingga pertengahan 1970-an organisasi pertama di bidang ini disebut IASI
(Asosiasi Internasional untuk Informasi Olahraga) resmi didirikan. Kemudian
pada tahun 1997 pertemuan pertama antara ilmu komputer dalam olahraga diadakan
di Cologni. Tujuan utama adalah untuk menyebarkan aplikasi, ide, dan konsep
penggunaan komputer dalam olahraga.
Gb. Seperangkat Komputer
C.
Pemanfaatan
Komputer di Bidang Olahraga
Komputer sampai saat ini telah berperan besar dalam
perkembangan di bidang olahraga. Pemanfaatan komputer di bidang olahraga
diantaranya adalah :
- Pelatihan
dan pembinaan
- Biomekanik
- Peralatan
olahraga dan teknologi
- Computer-aided
aplikasi (softwere, hardwere) dalam olahraga
- Ubiquitous
komputasi dalam olahraga
- Multimedia
dan internet
- Dokumentasi
- Pendidikan
D.
Pemanfaatan
Internet di Bidang Olahraga
Pada zaman dimana informasi sudah menjadi unsur
dominan dalam kehidupan saat ini, media massa memegang peran penting dalam
menyebarkan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, informasi yang
disampaikan kepada masyarakat dikemas melaui berita. Setiap hari masyarakat
disuguhkan dengan berbagai macam berita seperti olahraga, baik dari luar maupun
dari dalam negeri.
Media
internet merupakan media audio visual, artinya media menampilkan gambar hidup
dan mempunyai suara sehingga menarik minat masyarakat. Tetapi berbagai media
internat lebih ke media visualnya saja. Berbeda dengan media elektronik, media
cetak hanya berupa tulisan dan gambar yang dicetak pada kertas tertentu.
Kabar didunia olahraga sangatlah beragam, khususnya
pada bidang sepak boal yang saat ini sedang mendunia. Kabar tersebut sangatlah
dibutuhkan oleh para pecinta bola, siapapun para pecinta bola pasti ingin
mendapatkan kabar informasi tentang tim atau kabar lainnya yang disukai.
Tentunya media internet ini menjadi jembatan dimana pecinta bola ingin mendapatkan
informasi sepak bola, kali ini didalam artikel akan dijelaskan dimana
pemanfaatan komputer di bidang olahraga, yang dibantu oleh media internet
sebagai penerimaaan informasi olahraga.
Goal.com adalah salah satu media informasi olahraga
yang saat ini digunakan para usia dini sampai usia tua untuk mendapatkan kabar
terbaru dari bidang olahraga khususnya sepak bola luar negeri maupun dalam
negeri. Dalam pemanfaatan komputerisai ini para pecinta sepak bola di manjakan
oleh kabar-kabar terbaru, dimulai dari pemain-pemain baru sampai ke hasil
pertandingan sepak bola.
Dari tampilan GUI goal.com diatas dapat dilihat bahwa
fitur-fitur yang didalamnya sangat membantu para pecinta sepak bola untuk
mendapatkan informasi yang lebih jelas. Dengan demikian pemanfaatan komputer di
bidang olahraga menjadi populer pada saat ini, dikarenakan banyak sekali
kelebihan untuk mengakses informasi olahraga.
Berikut
perbandingan antara penerimaan informasi dengan pemanfaatan komputer dan media
cetak :
Pembanding
Media Internet Media Cetak
|
Media
Internet
|
Media
Cetak
|
Akses
|
Mudah
|
Lebih mudah
|
Referensi
|
Lebih banyak
|
Terbatas
|
Efisien
|
Efisien
|
Kurang efisien
|
Efektif
|
Efektif
|
Kurang efektif
|
Pleksibel
|
Sangat fleksibel
|
Terbatas
|
Diasumsikan bahwa populasi presentasi pengguna
internet di Indonesia adalah sebagian besar memanfaatkan komputer di bidang
olahraga dengan cara mencari informasi olahraga di media internet. Sebagaimana
dilansir oleh ANTARA News, bahwa internet menjadi platfrom berita paling
populer ketiga di Amerika Serikat, dibawah siaran televisi daerah dan nasional
di negara itu, demikian survei internet dan american life project dan project
for excellence in journalism, pew research center, senin, menurut survei itu 78
persen dari 2259 orang dewasa AS yang di jaring oleh jajak pendapat itu,
mengatakan bahwa pada hari biasa mereka mendapatkan berita dari stasiun TV
daerah. Lalu, 73 persen mengaku mendapat berita dari jaringan televisi nasional
seperti CBS atau stsiun tv kabel semisal CNN atau Fox. 61 persen mengaku, di
hari biasa, mereka mendapat berita dari laman berita internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar