Rabu, 15 Juli 2015

PERANAN KOMPUTER DALAM BIDANG OLAHRAGA



PERANAN KOMPUTER
DALAM BIDANG OLAHRAGA
 SEKOLAH TINGGI ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP GARUT
PROGRAM PASCASARJANA
JURUSAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Alamat Email      : solehpasti123@gmail.com
Alamat Blog        :solehpenjas.blogspot.com




A.    Pendahuluan
Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk teknologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil, televisi dan lain sebagainya. Hal yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Olahraga adalah bidang yang tidak luput dari pemanfaatan ilmu komputer. Peralatan olahraga, pengobatan, biomechanic, dan simulasi olahraga adalah salah satu contoh diantaranya. Bahkan perlu diketahui bahwa hubungan antara ilmu komputer dan olahraga ini sudah ada sejak tahun 1960.
Perkembangan media internet saat ini juga telah menjadi bagian dari pemanfaatan komputer di bidang olahraga terutama dalam hal penyebaran informasi. Derasnya informasi yang dapat diperoleh dengan mudah dari media internet, membuat teknologi informasi yang satu ini sangat digemari oleh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, maupun praktisi. Semua informasi dunia luar maupun dalam negeri khususnya informasi olahraga dapat kita saksikan melalui layar monitor hanya pada tempat dimana kita tinggal.

    B.  Sejarah Komputerd
Komputer dalam olahraga digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1960, dimana ketika itu hanya bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang olahraga. Database kemudian diciptakan dan diperluas dalam rangka untuk memulai penyebaran dokumentasi dan publikasi seperti artikel atau buku yang berisi mengenai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan olahraga. Lalu hingga pertengahan 1970-an organisasi pertama di bidang ini disebut IASI (Asosiasi Internasional untuk Informasi Olahraga) resmi didirikan. Kemudian pada tahun 1997 pertemuan pertama antara ilmu komputer dalam olahraga diadakan di Cologni. Tujuan utama adalah untuk menyebarkan aplikasi, ide, dan konsep penggunaan komputer dalam olahraga.


 






Gb. Seperangkat Komputer

C.    Pemanfaatan Komputer di Bidang Olahraga
Komputer sampai saat ini telah berperan besar dalam perkembangan di bidang olahraga. Pemanfaatan komputer di bidang olahraga diantaranya adalah :
- Pelatihan dan pembinaan
- Biomekanik
- Peralatan olahraga dan teknologi
- Computer-aided aplikasi (softwere, hardwere) dalam olahraga
- Ubiquitous komputasi dalam olahraga
- Multimedia dan internet
- Dokumentasi
- Pendidikan

D.    Pemanfaatan Internet di Bidang Olahraga
Pada zaman dimana informasi sudah menjadi unsur dominan dalam kehidupan saat ini, media massa memegang peran penting dalam menyebarkan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, informasi yang disampaikan kepada masyarakat dikemas melaui berita. Setiap hari masyarakat disuguhkan dengan berbagai macam berita seperti olahraga, baik dari luar maupun dari dalam negeri.
Media internet merupakan media audio visual, artinya media menampilkan gambar hidup dan mempunyai suara sehingga menarik minat masyarakat. Tetapi berbagai media internat lebih ke media visualnya saja. Berbeda dengan media elektronik, media cetak hanya berupa tulisan dan gambar yang dicetak pada kertas tertentu.
Kabar didunia olahraga sangatlah beragam, khususnya pada bidang sepak boal yang saat ini sedang mendunia. Kabar tersebut sangatlah dibutuhkan oleh para pecinta bola, siapapun para pecinta bola pasti ingin mendapatkan kabar informasi tentang tim atau kabar lainnya yang disukai. Tentunya media internet ini menjadi jembatan dimana pecinta bola ingin mendapatkan informasi sepak bola, kali ini didalam artikel akan dijelaskan dimana pemanfaatan komputer di bidang olahraga, yang dibantu oleh media internet sebagai penerimaaan informasi olahraga.
Goal.com adalah salah satu media informasi olahraga yang saat ini digunakan para usia dini sampai usia tua untuk mendapatkan kabar terbaru dari bidang olahraga khususnya sepak bola luar negeri maupun dalam negeri. Dalam pemanfaatan komputerisai ini para pecinta sepak bola di manjakan oleh kabar-kabar terbaru, dimulai dari pemain-pemain baru sampai ke hasil pertandingan sepak bola.
Dari tampilan GUI goal.com diatas dapat dilihat bahwa fitur-fitur yang didalamnya sangat membantu para pecinta sepak bola untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Dengan demikian pemanfaatan komputer di bidang olahraga menjadi populer pada saat ini, dikarenakan banyak sekali kelebihan untuk mengakses informasi olahraga.
Berikut perbandingan antara penerimaan informasi dengan pemanfaatan komputer dan media cetak :

Pembanding     Media Internet    Media Cetak

Media Internet
Media Cetak
Akses
Mudah
Lebih mudah
Referensi
Lebih banyak
Terbatas
Efisien
Efisien
Kurang efisien
Efektif
Efektif
Kurang efektif
Pleksibel
Sangat fleksibel
Terbatas

Diasumsikan bahwa populasi presentasi pengguna internet di Indonesia adalah sebagian besar memanfaatkan komputer di bidang olahraga dengan cara mencari informasi olahraga di media internet. Sebagaimana dilansir oleh ANTARA News, bahwa internet menjadi platfrom berita paling populer ketiga di Amerika Serikat, dibawah siaran televisi daerah dan nasional di negara itu, demikian survei internet dan american life project dan project for excellence in journalism, pew research center, senin, menurut survei itu 78 persen dari 2259 orang dewasa AS yang di jaring oleh jajak pendapat itu, mengatakan bahwa pada hari biasa mereka mendapatkan berita dari stasiun TV daerah. Lalu, 73 persen mengaku mendapat berita dari jaringan televisi nasional seperti CBS atau stsiun tv kabel semisal CNN atau Fox. 61 persen mengaku, di hari biasa, mereka mendapat berita dari laman berita internet.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar